Kamis, 02 Oktober 2014

BISNIS

#Pengantar Bisnis

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan aktivitas bisnis?



1.       Aktivitas bisnis adalah aktivitas dimana orang-orang menyediakan produk dan jasa yang dapat dijual dan menghasilkan sesuatu yang memuaskan dan menguntungkan .
Contoh macam-macam aktivitas bisnis kita dapat mengambil contoh dari suatu laporan keuangan perusahan yang mengungkapkan informasi  aktivitas utama perusahaan yaitu: perencanaan,pendanaan, investasi, dan operasi.


2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan perusahaan?

Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi untuk masyarakat dengan motif keuntungan. Dan tujuan bersama dari setiap perusahaan adalah berusaha memperolah laba sebanyak dan sebaik mungkin. Nah, dalam upaya kita(perusahaan) mencari laba tersebut harus berani menanggulangi risiko. Resiko mengalami kerugian maupun memperoleh keuntungan.

Dalam ilmu ekonomi terdapat tiga jenis perusahaan yang beroperasi untuk menghasilkan laba, yaitu: perusahaan manufaktur (manufacturing), perusahaan dagang (merchandising), dan perusahaan jasa (service). Setiap jenis perusahaan ini mempunyai ciri-ciri masing-masing, yaitu:
  • Perusahaan manufaktur (manufacturing business): mengubah input dasar menjadi produk yang dijual kepada masing-masing pelanggan. Contoh perusahaan manufaktur: Honda, Intel, Nike, Sony, dan lainnya.
  • Perusahaan dagang (merchandising business): menjual produk ke pelanggan, tetapi produknya tidak diproduksi sendiri, melainkan membelinya dari perusahaan lain. Dengan kata lain, perusahaan dagang mempertemukan produk dengan pembeli. Contoh perusahaan dagang: Electronic City, Erafone, dan lainnya.
  • Perusahaan jasa (services business): menghasilkan jasa dan bukan barang atau produk untuk pelanggan. Contoh: Garuda Indonesia, XL, Indosat, PT. KAI, dan lainnya
Dibalik suatu perusahaan yang dapat berjalan dengan baik, pasti ada pihak-pihak yang berkepentingan yang berkecimpung.
Nah, Business Stakeholder/Pihak-pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan adalah perorangan atau entitas yang mempunyai kepentingan dalam menentukan kinerja perusahaan.
Terdiri dari :
a. Pemilik (Owner), yaitu Pihak yang menginvestasikan sumber daya untuk perusahaan tsb.

b. Manajer (manager), yaitu Orang yang diberi kewenangan oleh pemilik untuk mengoperasikan perusahaan.

c. Karyawan (employee), yaitu Orang-orang yang memberikan jasanya kepada perusahaan untuk memperoleh upah.

d. Pelanggan (customers), yaitu Pihak yang membeli/mengkonsumsi barang/jasa yang dijual/dihasilkan perusahaan.

e. Kreditor (creditors), yaitu Pihak yang menginvestasikan sumber dayanya melalui pemberian kredit.

f. Pemerintah (government), yaitu Pihak yang berkepentingan terhadap pemungutan pajak perusahaan.



3. Untuk apa bisnis dilakukan?

Bisnis dilakukan sudah pasti untuk mencari keuntungan/laba dari aktivitas bisnis yang dilakukan.
selain itu Manfaat lain dari bisnis untuk Mahasiswa, yaitu:

- Memperoleh kesempatan untuk para mahasiswa untuk bisa terjun langsung ke lapangan (kegiatan bisnis)

- Memperoleh kesempatan untuk meningkatkan Softskill para mahasiswa

- Dapat menumbuhkan jiwa bisnis kepada para mahasiswa untuk memiliki keberanian dalam mengembangkan dan memulai suatu usaha bisnis.



4.  Jika anda menjadi seorang pengusaha, bisnis apa yang akan anda pilih dan bagaimana strategi dalam menghadapi persaingan agar bisnis yang anda pilih dapat bertahan dan tidak mengalami kerugian?

Jika saya pengusaha dan memiliki modal besar saya ingin banget buka usaha di bidang jasa travel. kenapa? karena hobi saya yang sangat menyukai travelling, saya ingin membantu teman-teman untuk memudahkan mereka yang hobi travelling untuk bisa pergi ke tempat-tempat wisata dengan mudah, praktis dan beda dari yang lain. strategi yang ingin saya gunakan yaitu, menawarkan tempat-tempat wisata yang banyak orang belum tau. Kenapa? karena saya pikir dari tahun ke tahun pasti banyak orang yang ingin melakukan kegiatan wisata ke tempat baru dan akan terus mencari tempat-tempat yang benar-benar masih alami.
Dan saya pikir jika kita dapat mengelolah jasa ini dengan baik(uptodate untuk menawarkan tempat-tempat baru, paket wisata yang murah dan berbeda dari paket yang ditawarkan di jasa lain) kita bisa memperkecil peluang kerugian ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar